English, Filsafat, Racauan

Fuckperson

You looked at yourself and you’re thinking how ugly you are and how lonely you are and how no one wants to be with you.

And you start to check people on your phone book or checking their social media accounts to see how their lives are better than yours. You don’t want to use dating apps because the last two persons you meet there are too goddamn condescending or simply broken. While browsing in instagram you see your ex crush–not even your ex, and you remember that this person fucked everyone but you and you started to gain all your courage to ask this fuckperson to fuck you just because you’re so lonely and ugly and you think a fuck will help you up, and you don’t care if you got rejected and you won’t be their friends any more because you feel alone anyway, better take your chances.

Life was unexpected because the fuckperson wanted to fuck you maybe because they’re as ugly as you are now, but no way you’re getting pretty. And in no time you were naked in a hotel room with this fuckperson and heck that body still hot as hell and that face is so yummy but you just can’t get arouse you don’t know why maybe you just need a cuddle, or you just need love and now it’s just too much.

A fuck would be enough but how come you want more than a fuck from a fuckperson, you should’ve called the love person… O yeah…

They are non existent.

At least not for you.

Now the fuckperson left you alone in the hotel, and you’re there staring at the ceiling thinking how the hell can you be happy without anybody. Once a shrink told you that you should love yourself first before you love others but what to love from this wrecked body? This ugly face? This low self esteem? You remember working out and dieting out like hell and still the weight just goes up and up. And you went to a gastronomy doctor, paid almost half your salary just to eat crappy healthy food and work out and your mood got really bad because you’re hungry. You got stomachache then you just fuck it up by eating too many ramens.

So there you are staring at the ceiling thinking how the hell did you not fuck the fuckperson? And then you went to the bathroom just to puke because you feel sick of yourself. Then you looked at the mirror and realize why you did not fuck the very attractive fuck person.

It’s because for the last ten years or so, you’ve been fucking yourself so hard. It’s like you got married to yourself and you are sick of being with you because you got nowhere, it’s boring, and the love is gone and consumed like some sour ice cream fell to the asphalt and melt like your face right now. You remember being pretty, you remember your lovers and all the bitches and the bastards who fucked you hard, and you fight harder, but now there’s only fear and you flight. When did you lost it? When did you lost the love for yourself? Was it during the time you fucked yourself so hard with work and broken hearts and junk food? When was it the last time you embrace whatever left in you?

This food is poison.

Aw, shut up, self, you said. Life is no longer interesting, you think you know it all, you’ve got your dreams and lost it and reality sucks. Now you got no dreams left because you’re just too old for those shits. You want to be loved by yourself and by others, but do you really need it? Love?

You get back to bed naked and cold, you took the duvet to cover your body, take a deep breath five times just like a therapy used to teach you. And in your mind you are in a vast radiant sky, with stars and milky Way. And your fat ugly ass just floating there, like a very disgusting rotten corpse. And it’s okay because in the empty space, no stars will judge you and aliens are uglier than thou. If they’re pretty then they’re no longer aliens because it’s familiar. You’re thinking that aliens might’ve been a specks of sperm or something. So small and lived in space because oxygen kill them. Aliens are not necessary humanlike with limbs and hands and feet. They could be like a space stone that are alive inside.

And they’re absolutely better than you because they are alive and you are dying inside.

There’s so many ways to get self loathing and self blaming. Sometimes you were thinking of dying but you just too lazy and scared to commit suicide. It’s just too many effort.

You can’t even cut a dead chicken head, how come you cut your vein? You don’t like herbal drink, so you’ll just puke the poison. You were thinking to hang yourself but you’re just too fucking heavy, anywhere you tie the rope it’s gonna fall before you lose your breath. You were thinking of carbon monoxide poisoning, but you hate walking in the street and inhaling pollution. So what makes you think putting a tube from the car exhaust to your lungs will work ?

Sleeping pills are fucking expensive and you just quit medication because you prefer to spend your money to fuck strangers in a cheap hotels than buying meds for whatever diagnose your doctor prescribed you. Depression, anxiety, bipolar, borderline all those new stuff that your parents never heard of but you know they got it because your family is a dysfunctional one.

Might as well kill yourself with them.

***

You don’t remember what time you slept. Might as well be a few hours after sunrise because your window was shut and you don’ see any light from outside. But hell, the phone rang and the lazy receptionist asked whether you will checked out today or not. You said yes. So you wake up, its already 11am, and you took a bath (again, just out of automation), and got dressed then you order a cab to go home.

Its raining outside, and the feelings subside. In the cab, you had a bad feeling; the usual bad feeling that at home your spouse, children and parent are waiting for you ungratefully. You are stuck with them, and there are no lonelier place on earth, than to share a home with all the wrong people. You wished you could stay alone in that hotel room forever, looking at the ceiling counting make believe stars in a make believe universe. With a make believe loveperson in a make believe safe space. You wish.

Photo by Ave Calvar Martinez on Pexels.com

***

Hi, thanks for reading this short until the end. If you like what you read and you are an Indonesian, please treat me coffee so I can write some more by pushing the ‘treat coffee’ button. If you’re outside Indonesia, you can be my patron by clicking on my Patreon. Help me to write and keep giving you a well written content with a good user experience. Thanks.

Alam, Eksistensialisme, Perlawanan, Puisi, terjemahan

Giting Suci (puisi Jim Morrison)

Kubilang padamu….
Tak ada pahala yang bisa mengampuni kita
Karena membuang subuh

Dulu semua hal begitu
sederhana dan lebih membingungkan

Satu malam musim panas, waktu jalan ke dermaga
Aku bertemu dua gadis muda
Yang pirang bernama Kebebasan
Yang gelap bernama Ikatan
Kami ngobrol dan mereka cerita padaku
Sekarang dengarkan ini:

Aku akan cerita soal Radio Texas dan dentuman besarnya
Dibawa halus, perlahan dan gila
Seperti bahasa baru
Menggapai kepalamu dengan amarah, Yang dingin dan tiba-tiba dari seorang Nabi

Aku akan cerita soal sakit hati dan kehilangan Tuhan
Berkelana, kelana di malam sia-sia
Di daerah ini tak ada bintang

Di sini kita menyatu, giting suci

Jika kamu suka dengan terjemahan ini, traktir saya kopi dong. Biar saya semangat nulis dan nerjemahin terus. Klik tombol di bawah ini yaaa…

Eksistensialisme, Perlawanan, Puisi, terjemahan

Film (Puisi Jim Morrison)

Oleh Jim Morrison

Judul asli, “The Movie” Dari album American Prayer.

Film akan dimulai dalam lima menit,
Suara datar itu mengumumkan,
Semua yang tidak dapat tempat duduk akan menonton pertunjukkan berikutnya.

Kita berbaris masuk perlahan, dengan lesu ke dalam ruangan.

Auditorium itu luas dan sunyi
Ketika kita sudah duduk dan ruangan menggelap, suara itu kembali lagi.

Ini bukan film baru, Anda sudah menyaksikannya berkali-kali, Anda sudah menyaksikan kelahiran, kehidupan, dan kematian Anda mungkin ingat sisanya,
Apakah dunia Anda baik ketika Anda mati?
Cukup baguskah untuk jadi sebuah film?

Aku mau keluar dari sini.

Mau kemana?

Ke sisi lain pagi.

Tolong jangan kejar awan-awan, pagoda.
Memeknya menjeratmu seperti tangan yang hangat dan nyaman.

Nggak apa-apa, semua temanmu di sini.

Kapan aku bisa ketemu mereka?

Habis makan.

Aku nggak lapar.

Uh, kamu yang dimakan.

Layar perak, layar teriak
Oooh… Nggak mungkin konsentrasi!

Website ini jalan dengan donasi. Kalau kamu suka yang kamu baca, boleh traktir penulis/penerjemah puisi ini kopi dengan menekan tombol ini:

Ethnography, Memoir, Racauan

Rejeki Udah Diatur, Tinggal Dikumpulin

Siapa yang ngatur rejeki? Yah waktu kamu lahir, keluargamu adalah ground Zero rejeki mu. Ada yang lahir kaya, ada yang lahir miskin. Ini dalam sosiologi disebut ascribed status, atau status yang hadir dari sononya. Jadi keluarga dan sanak saudara adalah sumber rejeki pertama, dari susu nyokap, duit bokap, pangkat om di kantornya, rejeki arisan tante, pencapaian sepupu-sepupu, dan lain-lain. Keluarga adalah dimana kita pertama kali ngatur dan ngumpulin rejeki kita.

Kita ga bisa ngatur lahir di keluarga kayak apa. Ada yang lahir di keluarga miskin dan disfungsional. Ada yang lahir di keluarga kaya dan disfungsional. Ada yang lahir di keluarga miskin fungsional dimana cinta dan usaha bokap nyokap keren banget buat gedein kita, ada yang lahir di keluarga kaya fungsional dimana kasih sayang dan kecukupan seringkali bikin kita manja dan takut buat terjun ke dunia, gampang baper, dan ga keluar-keluar dari rumah. Kalian dari keluarga apa? Tulis di komen lah, nanti kita ngobrol.

Sambil nunggu kalian komen, kita bisa mulai identifikasi keluarga sebagai sumber rejeki pertama kita. Membaca keluarga sendiri adalah tantangan paling sulit, karena kita terlalu dekat, terlalu terbawa konflik di dalamnya. Tapi biasanya, ketika ada acara keluarga dari mulai sunatan, lebaran, kawinan, kematian, kita bisa lihat sekompak apa keluarga kita. Ada keluarga yang sangking kompaknya sampe bisa bikin kawinan atau pemakaman gede-gedean walau semua orang miskin. Ada keluarga yang kaya banget, tapi sangking gak kompaknya, ketika ada anggota keluarga yang meninggal, yang dateng dikit dan yang nguburin bahkan bukan keluarganya. Masing-masing keluarga punya cara berbeda dalam berprodikai dan mengolah modalnya.

Ada keluarga kaya yang nggak suka berbagi dan sangat kompetitif, bangga-banggain prestasi anak dan pamer kekayaan, tapi begitu ada yang susah, perhitungannya setengah mati. Ada juga keluarga yang walau hidupnya pas-pasan tapi begitu ada anggota keluarga yang susah, semua kumpul guyub, bantuin sama-sama. Nggak ada yang salah dengan cara masing-masing keluarga mengatur rumah tangganya, toh mereka masih jadi keluarga–mungkin karena terpaksa.

Sekarang coba lihat keluargamu sendiri. Apa tata cara dan bahasa sosial mereka? Bagaimana mereka bekerja? Bisa nggak kamu ngobrol dan cari data sejarah keluargamu? Apakah keluargamu mantan ningrat, Raden Ayu atau Tubagus? Apa pengaruh keningratan itu? Atau jangan-nangan keluargamu adalah imigran dari Cina daratan, India, atau Arab? Ini semua menentukan rejeki awalmu. Dan ketika dunia kapitalis mulai jahat padamu, ketika bisnismu gagal semua, dan semua teman tidak bisa membantumu, sebelum kamu ke Allah, biasanya kamu ke keluarga. Bagaimana cara mereka membantumu?

Di luar keluarga kamu punya teman dan sahabat. Siapa lingkaran temanmu, juga menjadi sumber-sumber rejekimu. Kalau temanmu pada mabok semua dan ga ada yang bisa kerja, dan kamu orang yang baik dan bertanggung jawab, kamu akan mati dimakan teman-teman. Kalau sebaliknya, teman-temanmu yang kamu makan. Kalau kamu cuma berteman di internet dan introvert, itu masalah besar ketika kamu harus berjejaring dan bebas dari keluarga yang disfungsional, atau ketika kamu mau membantu keluarga disfungsionalmu.

Kemampuan bergaul dan komunikasi dimulai dari kemampuan membaca situasi dan keadaan sosial di lingkaran teman dan sahabat dekat. Jika itu saja kamu tidak berhasil, mungkin kamu harus ambil kelas atau baca buku how to yang sederhana untuk belajar ulang caranya bicara. Mungkin referensimu terlalu tinggi, atau terlalu kurang untuk bisa mengenal orang. Tanpa ilmu bergaul yang baik, kamu susah berjejariny dan rejekimu mandeg. Sudah diatur ada di situ, tapi kamu ga bisa dapet karena kamu ga tahu cara minta apalagi cara ngolahnya. Orang mikir kamu ga sopan dan ga empati, ngapain mereka sopan dan empati sama kamu?

Let say keluargamu disfungsional dan temen-temenmu ga bisa diandalkan. Kamu masuk ke dunia kerja. Kamu pilih kerjaan yang nggak usah bergaul, ga usah menjilat ga usah sosial. Kamu mau jadi sekrup di mesin yang besar, yang semua diatur sistem: jam kerja diatur, asuransi diatur, semua diatur. Kamu ga perlu kenal bosku cukup kenal supervisor di atas kamu satu tingkat, itu pun ga deket sama sekali. Di situ kamu lupa, bahwa sistem bisa dan seringkali akan collapse.

Krisis ekonomi, pandemi, bencana alam dan banyak lagi akan bikin sistem collapse dan kamu mau kemana ketika sistem itu hancur? Mungkin kamu bisa beruntung seperti orang Jepang tokoh bapaknya tokoh utama di 1Q84, yang sampai mati dikubur oleh jasa pemakaman yang ia pesan sendiri, dan selama hidup bekerja kayak robot, pensiun dengan dana investasi dan deposito. Itu kalau kebetulan bisa kerja let say, jadi PNS, yang sistemnya cenderung stabil. Di tahap itu rejeki yang diatur sudah kamu kumpulkan dan kamu atur sendiri. Tapi masa rejeki cuma duit? Si bapak itu keluarganya hancur, anaknya dia singkirkan dan dia ga mau kenal, cuma tahu Terima warisan aja. Bapak itu trauma karena istrinya selingkuh, dan ga mau berhubungan lagi dengan siapapun–termasuk anaknya sendiri. Itu pilihan dia sih, nggak apa-apa juga.

Bapak itu menggunakan solidaritas sosial yang ga kelihatan; karena semua sistem yang dibangun dan tempat dia hidup adalah sistem sosial. Ada orang-orang yang nggak dia kenal yang bangun rumahnya, sampai gali kuburnya. Dan itu mungkin tidak semenyakitkan kalau yang bangun rumah dan gali kubur adalah orang yang kita kenal. Itu ide bagus dalam menghindari baper di jaman ini. Kalau kamu lihat bahwa hidup sesepi itu lebih baik. Semua balik-balik sama kamu sendiri sih.

Rejeki sudah diatur, tapi hanya diawal ketika kita belum bisa atau dipaksa mengatur rejeki kita. Ketika kita punya tanggungan, rejeki tanggungan kita ya kita yang atur. Kita kumpulkan satu-satu dari keluarga, teman, kantor, atau bisnis sendiri dengan mengolah minimal ketiga sumber itu, ditambah sumber-sumber lain seperti investasi dan tabungan. Dan semua yang itu bisa membuat kita mengurus diri kita sendiri. Pertanyaan selanjutnya, bisa kah kita mengurus orang lain?

***

Saya bangga sekali degan saudara-saudara dan sahabat-sahabat yang membantu saya untuk tetap menulis, menyemangati, membaca, mengomentari, dan mentraktir saya kopi untuk membuat website ini tetap ada. Dulu saya menulis untuk diri sendiri, sekarang saya menulis untuk kalian semua. Terima kasih sudah membaca. Website ini saya buat supaya kalian nyaman membaca, dan saya butuh bantuan kalian untuk ikut patungan bayar domain dan hostingnya. Traktir saya kopi murahan dengan menekan tombol di bawah ini atau dengan gopay, biar kalian tetap nyaman membaca semua konten di sini.

Atau bisa juga via gopay: